Scroll untuk baca artikel
Tempat Shoping

Pusat Oleh Oleh Bandung Terdekat yang Murah dan Lengkap

×

Pusat Oleh Oleh Bandung Terdekat yang Murah dan Lengkap

Sebarkan artikel ini
Pusat Oleh Oleh Bandung Terdekat yang Murah dan Lengkap

Tidak lengkap rasanya jika pelesir ke kota Bandung pulang dengan tangan kosong. Ada banyak pusat oleh oleh Bandung yang bisa kamu kunjungi dengan beragam jenis oleh-oleh yang lengkap lho.

Bahkan ada beragam pilihan oleh-oleh khas kota Parahyangan ini yang bisa kamu pilih. Mulai dari daerah Lembang, Dago, Cihampelas, Pasteur, Kopo, Lewi Panjang, Cibaduyut dan beberapa wilayah lainnya menawarkan beragam jenis oleh-oleh yang keren dan unik.

Soal harga jangan khawatir, di Bandung kamu akan dapatkan beragam pilihan oleh-oleh ini dengan harga yang relatif murah. Jadi tidak akan menguras kantong.

Ada banyak tempat oleh-oleh Bandung yang bisa kamu kunjungi saat pelesir. Berikut adalah beberapa titik yang jadi central pusat oleh-oleh di kota Bandung:

Pusat Oleh-Oleh Bandung Cihampelas

Pusat Oleh-Oleh Bandung Cihampelas adalah surga bagi para pecinta kuliner dan pencinta barang antik. Terletak di Jalan Cihampelas, kawasan ini dipenuhi dengan toko-toko yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas Bandung, mulai dari makanan ringan, kerajinan tangan, hingga pakaian.

Berikut beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi di Pusat Oleh-Oleh Bandung Cihampelas:

1. Toko Oleh-Oleh

  • Odjolali Oleh-oleh merupakan toko oleh-oleh yang terkenal dengan browniesnya yang lumer di mulut. Selain brownies, Odjolali juga menjual berbagai macam oleh-oleh lainnya, seperti keripik, bolu, dan permen.
  • Oleh-oleh Nusantara adalah toko yang tepat untuk mencari oleh-oleh khas Indonesia dari berbagai daerah. Di sini, kamu bisa menemukan batik, kain tenun, wayang, dan berbagai macam kerajinan tangan lainnya.

2. Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung adalah pasar tradisional yang terkenal dengan berbagai macam tekstil dan pakaian. Di sini, kamu bisa menemukan kain dengan berbagai macam motif dan bahan, serta pakaian dengan harga yang terjangkau.

3. Cihampelas Walk

Cihampelas Walk adalah mal yang menawarkan berbagai macam pilihan fashion dan kuliner. Di sini, kamu bisa menemukan brand-brand ternama, seperti Zara, H&M, dan Mango. Selain itu, Cihampelas Walk juga memiliki food court yang menyajikan berbagai macam makanan khas Bandung.

Pusat Oleh-Oleh Bandung Cibaduyut

Cibaduyut juga merupakan surga bagi yang ingin membawa oleh-oleh Bandung, di sini tersedia riibuan jenis sepatu dan tas. Terletak di Jalan Cibaduyut Raya, kawasan ini dipenuhi dengan toko-toko yang menjual berbagai macam sepatu dan tas berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Berikut beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi di Pusat Oleh-Oleh Bandung Cibaduyut:

1. Toko Sepatu dan Tas

  • Sepatu Cibaduyut: Toko ini merupakan salah satu toko sepatu ternama di Cibaduyut. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai macam sepatu, mulai dari sepatu formal hingga sepatu casual.
  • Tas Cibaduyut: Toko ini adalah tempat yang tepat untuk mencari tas berkualitas dengan harga yang terjangkau. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai macam tas, mulai dari tas wanita hingga tas pria.

2. Pasar Cibaduyut

Pasar Cibaduyut adalah pasar tradisional yang terkenal dengan berbagai macam sepatu dan tas. Di sini, kamu bisa menemukan sepatu dan tas dengan harga yang lebih murah daripada di toko.

Pusat Oleh-Oleh Bandung di Lembang

Lembang merupakan salah satu kawasan wisata yang punya banyak destinasi. Jika kamu berkunjung ke sana jangan lupa untuk membawa oleh-oleh. Ada banyak kok pusat oleh-oleh Bandung di Lembang. Berikut adalah beberapa lokasinya:

1. Farm House Lembang

Farm House Lembang merupakan tempat wisata edukasi yang bernuansa pedesaan Eropa. Selain wisata edukasi, Farm House Lembang juga memiliki toko oleh-oleh yang menjual berbagai macam produk khas Lembang, seperti susu pasteurisasi, yoghurt, sosis, dan bakso.

2. The Great Asia Afrika Lembang

The Great Asia Afrika Lembang merupakan taman miniatur yang menampilkan berbagai macam landmark dari benua Asia dan Afrika. Selain taman miniatur, The Great Asia Afrika Lembang juga memiliki toko oleh-oleh yang menjual berbagai macam produk khas Asia dan Afrika.

3. Pasar Lembang

Pasar Lembang merupakan pasar tradisional yang menjual berbagai macam produk, seperti sayuran, buah-buahan, daging, ikan, dan pakaian. Di Pasar Lembang, kamu juga bisa menemukan berbagai macam oleh-oleh khas Lembang, seperti keripik, dodol, dan brownies.

4. Toko Oleh-Oleh Sari Asih

Toko Oleh-Oleh Sari Asih merupakan salah satu toko oleh-oleh ternama di Lembang. Toko ini menjual berbagai macam oleh-oleh khas Lembang, seperti keripik, dodol, dan brownies. Toko Oleh-Oleh Sari Asih juga memiliki beberapa cabang di Lembang.

5. Toko Oleh-Oleh Lembang Asri

Toko Oleh-Oleh Lembang Asri merupakan salah satu toko oleh-oleh ternama di Lembang. Toko ini menjual berbagai macam oleh-oleh khas Lembang, seperti keripik, dodol, dan brownies. Toko Oleh-Oleh Lembang Asri juga memiliki beberapa cabang di Lembang.

Pusat Oleh-Oleh Bandung Pasteur

Pasteur memang terkenal sebagai salah satu pusat oleh-oleh di kota Bandung. Ada banyak toko oleh-oleh di sana yang bisa kamu kunjungi dengan beragam pilihan oleh-oleh khas Bandung. Berikut adalah beberapa tempat yang menyediakan oleh-oleh Bandung di Pasteur:

1. Saya Suka, Oleh-oleh Bandung

Tempat menawan ini menawarkan suasana yang nyaman dan pilihan jajanan tradisional Bandung yang beragam. Dari “Kue Susu” khas mereka, “Brownies Kukus”, hingga “Pisang Bolen”, kamu akan menemukan sesuatu untuk memuaskan semua selera.

2. Kartika Sari

Jaringan legendaris dengan banyak cabang di seluruh Bandung, Kartika Sari terkenal dengan kue dan camilan lezatnya. Nikmati “Nagasari” klasik mereka, “Bandrek” (teh jahe), dan “Keripik Singkong” untuk merasakan cita rasa Bandung yang autentik.

3. Sari Ater

Merek ikonik ini, didirikan pada tahun 1973, menawarkan berbagai macam spesialisasi Bandung. Dapatkan “Kacang Telur” terkenal mereka, “Balok Brownies”, dan “Dodol Garut” untuk dibagikan dengan orang-tercinta di rumah.

4. Bandung Makuta Bakery

Manjakan diri dengan berbagai macam hidangan panggang segar di Bandung Makuta Bakery. “Roti Tawar” yang lembut, “Kue Bandung” yang harum, dan “Risoles Mayo” yang gurih hanyalah beberapa godaan yang menanti untuk ditemukan.

5. Prima Rasa Bakery & Pastry

Puaskan keinginan kamu untuk kue dan kue kering yang lezat di Prima Rasa. “Pisang Bolen”, “Susu Lembang”, dan “Roti Tawar” khas mereka pasti akan menjadi favorit.

Pusat Oleh-Oleh Bandung 24 Jam

Selain di beberapa tempat di atas, di Bandung juga ada lho pusat oleh-oleh yang buka 24 jam. Berikut adalah beberapa tempatnya:

1. Bandung Kunafe

  • Terletak di Jl. Dr. Djunjunan No.139, Pasteur.
  • Menjual berbagai macam oleh-oleh khas Bandung, seperti brownies, keripik, dan bolu.
  • Buka 24 jam, 7 hari seminggu.
  • Memiliki tempat yang luas dan nyaman untuk berbelanja.
  • Menyediakan layanan pesan antar.

2. Oleh-Oleh Khas Bandung 24 Jam

  • Terletak di Jl. Cibadak No.177A, Astanaanyar.
  • Menjual berbagai macam oleh-oleh khas Bandung, seperti pernak-pernik, kaos, dan aksesoris.
  • Buka 24 jam, 7 hari seminggu.
  • Harganya relatif terjangkau.
  • Menerima pembayaran dengan kartu kredit dan debit.

3. Rumah Oleh-Oleh Khas Bandung

  • Terletak di Jl. Riau No.17, Bandung.
  • Menjual berbagai macam oleh-oleh khas Bandung, seperti makanan ringan, minuman, dan camilan.
  • Buka 24 jam, 7 hari seminggu.
  • Memiliki staf yang ramah dan membantu.
  • Menyediakan layanan packing dan pengiriman.

Pusat Oleh-Oleh Bandung Baju

Bandung tak hanya terkenal dengan wisata alam dan kulinernya yang nikmat, tapi juga menjadi surga bagi pemburu fashion.

Beragam pusat oleh-oleh baju hadir menawarkan aneka pakaian Bandung kekinian dengan harga yang bersahabat. Berikut beberapa rekomendasi tempat untuk berburu oleh-oleh baju di Kota Kembang:

1. Pusat Fashion

  • Pasar Baru Trade Center: Berlokasi di Jalan Otto Iskandar Dinata, pasar legendaris ini menyediakan berbagai jenis pakaian, mulai dari batik, pakaian muslim, hingga pakaian anak-anak. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, cocok untuk kamu yang ingin berbelanja dalam jumlah banyak.
  • Cihampelas Walk: Tak hanya surga kuliner, Cihampelas Walk juga dipenuhi toko-toko pakaian bermerek lokal dan internasional. Dari Zara hingga H&M, kamu bisa menemukan beragam gaya fashion terkini di sini.
  • Dago Plaza: Sebagai salah satu mal tertua di Bandung, Dago Plaza memiliki tenant beragam yang menjual pakaian dengan berbagai gaya dan harga. kamu bisa menemukan butik lokal hingga brand ternama di sini.

2. Toko Spesifik

  • Rumah Mode Bandung: Berlokasi di Jalan RE Martadinata, toko ini dikenal dengan koleksi kaos Bandung bergambar unik dan lucu. Selain kaos, Rumah Mode Bandung juga menawarkan aneka pakaian kasual pria dan wanita.
  • EUY Kaos Bandung: Toko yang satu ini menjadi favorit pencinta fashion kasual, khususnya kaos bandung. Desainnya yang trendi dan kekinian kerap menjadi incaran wisatawan. Kamu bisa menemukannya di Jalan Ir. H. Juanda.
  • Okitawa Kebon Jukut: Terletak di Jalan Kebon Jukut, toko ini menawarkan beragam oleh-oleh khas Bandung, termasuk aneka kaos dengan desain menarik. Selain itu, Okitawa Kebon Jukut juga menyediakan tas, topi, dan pernak-pernik lainnya.

3. Pasar Tradisional

  • Pasar Andir: Pasar yang berada di Jalan Waringin ini populer dengan aneka pakaian dengan harga murah. Kamu bisa menemukan berbagai jenis pakaian, mulai dari batik, pakaian muslim, hingga celana jeans.
  • Pasar Gedebage: Tak jauh dari Terminal Gedebage, pasar ini menawarkan berbagai jenis pakaian pria dan wanita dengan harga terjangkau. Cocok untuk kamu yang ingin berburu barang dengan harga miring.

Oleh Oleh Bandung yang Layak Jadi Buah Tangan

Ada beberapa jenis oleh-oleh Bandung yang paling cocok kamu jadikan buah tangan. Berikut adalah beberapa jenis oleh-oleh tersebut:

1. Oleh-Oleh Jajanan Bandung

Berikut beberapa jajanan khas Bandung yang populer:

1. Batagor Kingsley: Batagor singkatan dari bakso tahu goreng. Jajanan ini terbuat dari bakso ikan dan tahu goreng yang disiram dengan saus kacang kental dan kecap manis.

2. Seblak: Seblak adalah jajanan pedas yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan berbagai topping seperti bakso, ceker ayam, dan sosis.

3. Surabi: Surabi adalah pancake tradisional Sunda yang terbuat dari tepung beras dan santan. Surabi biasanya disajikan dengan berbagai topping seperti coklat keju, pisang, dan nangka.

4. Cireng: Cireng singkatan dari aci goreng. Jajanan ini terbuat dari tepung tapioka yang digoreng hingga renyah. Cireng biasanya disajikan dengan saus pedas.

5. Cilok: Cilok singkatan dari aci dicolok. Jajanan ini terbuat dari tepung tapioka yang direbus dan ditusuk dengan tusukan sate. Cilok biasanya disajikan dengan saus kacang.

6. Cimol: Cimol singkatan dari aci digemol. Jajanan ini terbuat dari tepung tapioka yang digoreng hingga mengembang. Cimol biasanya disajikan dengan saus pedas.

7. Bandros: Bandros adalah jajanan tradisional Sunda yang terbuat dari tepung beras dan santan. Bandros biasanya disajikan dengan topping seperti coklat keju, pisang, dan nangka.

8. Colenak: Colenak singkatan dari tape bakar. Jajanan ini terbuat dari tape singkong yang dibakar dan disiram dengan saus gula merah.

9. Dodol Garut: Dodol Garut adalah dodol khas Garut yang terbuat dari tepung beras ketan dan santan. Dodol Garut memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis.

10. Keripik Maicih: Keripik Maicih adalah keripik singkong pedas yang terbuat dari singkong yang diiris tipis dan digoreng hingga renyah. Keripik Maicih memiliki berbagai level pedas yang bisa disesuaikan dengan selera.

11. Brownies Amanda: Brownies Amanda adalah brownies kukus yang terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa yang manis. Brownies Amanda memiliki berbagai varian rasa seperti original, keju, dan pisang.

12. Kue Balok Kartika Sari: Kue Balok Kartika Sari adalah kue balok yang terbuat dari tepung beras dan santan. Kue Balok Kartika Sari memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis.

13. Pisang Bolen Kartika Sari: Pisang Bolen Kartika Sari adalah pisang bolen yang terbuat dari pisang dan kulit pastry. Pisang Bolen Kartika Sari memiliki rasa yang manis dan tekstur yang renyah.

14. Susu Lembang: Susu Lembang adalah susu pasteurisasi yang terkenal dengan kesegarannya. Susu Lembang memiliki berbagai varian rasa seperti original, coklat, dan strawberry.

15. Teh Citarasa: Teh Citarasa adalah teh khas Bandung yang terkenal dengan aroma dan rasanya yang khas. Teh Citarasa memiliki berbagai varian rasa seperti original, melati, dan lemon.

16. Keripik Setan: Keripik Setan adalah keripik singkong pedas yang terkenal dengan rasa pedasnya yang nendang. Keripik Setan memiliki berbagai level pedas yang bisa disesuaikan dengan selera.

17. Kerupuk Basreng: Basreng singkatan dari bakso goreng. Jajanan ini terbuat dari bakso ikan yang digoreng dan dibumbui dengan bumbu pedas.

18. Kopi Aroma: Kopi Aroma adalah kopi khas Bandung yang terkenal dengan aroma dan rasanya yang khas. Kopi Aroma memiliki berbagai varian rasa seperti original, robusta, dan arabika.

19. Mie Kocok: Mie Kocok adalah mie yang disiram dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan kental. Mie Kocok biasanya disajikan dengan kikil dan bakso.

20. Soto Bandung: Soto Bandung adalah soto yang terbuat dari daging sapi dan lobak putih. Soto Bandung biasanya disajikan dengan irisan jeruk nipis dan sambal.

2. Oleh-Oleh Minuman Khas Bandung

Selain ada banyak jajanan, ada juga olahan minuman yang bisa kamu jadikan oleh-oleh dari Bandung. Beberapa jenis olahan bahan minuman yang menarik di Bandung, yaitu:

1. Oleh-Oleh Minuman Klasik

  • Bandrek: Minuman hangat ini wajib dicoba bagi setiap pengunjung Bandung. Terbuat dari campuran jahe, cengkeh, kayu manis, dan gula, minuman ini biasanya disajikan panas dan sering kali dengan susu kental manis.
  • Bajigur: Minuman hangat lainnya, bajigur mirip dengan bandrek tetapi menggunakan santan sebagai ganti air, sehingga teksturnya lebih creamy dan rasanya sedikit lebih manis.
  • Cendol: Minuman penyegar ini terbuat dari cendol tepung beras berwarna hijau yang disajikan dengan es serut, gula merah cair, dan santan. Beberapa variasi menambahkan topping seperti durian atau nangka.

2. Oleh-Oleh Minuman Modern

  • Kopi Susu Lembang: Minuman kopi ini berasal dari daerah Lembang di Bandung dan terkenal dengan kombinasi unik kopi strong, susu kental manis, dan susu segar.
  • Boba Milk Tea: Meskipun bukan minuman tradisional, boba milk tea telah menjadi pilihan populer untuk souvenir, dengan banyak toko di Bandung yang menawarkan rasa dan topping unik mereka sendiri.
  • Susu Buah Asli: Minuman segar ini terbuat dari buah segar dan susu, menawarkan alternatif yang sehat dan lezat untuk soda manis.

Tips Supaya Belanja Oleh Oleh Bandung Dapat Murah

Ingin berburu oleh-oleh Bandung yang menarik tanpa menguras kantong? Simak tips-tips berikut ini:

1. Pilih Waktu yang Tepat

  • Hari biasa: Hindari akhir pekan dan libur panjang saat harga cenderung naik. Selasa-Kamis biasanya jadi pilihan tepat.
  • Pagi hari: Datanglah pagi saat toko baru buka. Pedagang sering memberi harga lebih murah untuk ‘pembukaan’ rezeki.

2. Lokasi Cerdas

  • Pasar tradisional: Pasar seperti Pasar Baru atau Teras Cikapundung menawarkan harga lebih bersaing, apalagi jika kamu pandai menawar.
  • Sentra khusus: Cari sentra tertentu, seperti Cibaduyut untuk fashion atau Jalan Buah Batu untuk camilan. Ini memudahkan perbandingan harga.
  • Hindari mall: Umumnya harga di mall lebih mahal, kecuali ada promo besar.

3. Jurus Negosiasi

  • Menawar: Di pasar dan beberapa toko, menawar lumrah dilakukan. Mulai tawaran 20-30% di bawah harga awal.
  • Beli banyak: Tanyakan potongan harga khusus jika membeli dalam jumlah banyak.
  • Bersahabat: Ramah dan bicaralah dengan penjual, mungkin mereka memberi sedikit ‘bonus’.

4. Tricks Lainnya

  • Bandingkan harga: Sebelum membeli, cek harga di beberapa toko, terutama untuk barang serupa.
  • Kualitas vs harga: Jangan tergiur harga terlalu murah, perhatikan kualitasnya juga.
  • Manfaatkan diskon: Cari toko yang sedang promo atau tawarkan diskon khusus.
  • Cashback: Gunakan aplikasi pembayaran yang memberi cashback menarik.

Akhir Kata

Selain beberapa tempat di atas, masih ada banyak pusat oleh oleh Bandung yang bisa kamu kunjungi. Namun, beberapa lokasi di atas adalah yang paling dekat dengan tempat wisata yang mungkin kamu kunjungi saat ini.

Jangan lupa, borong dan bawa oleh-oleh Bandung sebanyak mungkin. Agar banyak orang yang tahu kalo Bandung itu memang seru dan mengasyikkan.