Scroll untuk baca artikel
Warta Bandung

Pussenif Bandung: Pengertian, Alamat, Struktur Organisasi, Fasilitas

×

Pussenif Bandung: Pengertian, Alamat, Struktur Organisasi, Fasilitas

Sebarkan artikel ini
Pussenif Bandung

Pusat Kesenjataan Infanteri atau sering disebut Pussenif adalah salah satu Badan Angkatan Darat yang berkedudukan langsung di bawah Kasad di bidang pembinaan kesenjataan dan penelitian.

Dan salah satu Pussenif ini berada di Bandung Jawa Barat. Di artikel ini akan dibahas Pussenif Bandung secara lengkap. Mulai dari pengertian, alamat, struktur organisasi, hingga fasilitas Pussenif Bandung. Simak sampai akhir ya.

Apa itu Pusennif Bandung?

Pengertian Pussenif Bandung ini adalah Pusat Kesenjataan Infanteri yang merupakan Badan Pelaksana Pusat TNI Angkatan Darat yang berkedudukan langsung di bawah Kasad di bidang pembinaan kesenjataan dan penelitian serta pengembangan infanteri.

Infanteri ini dikenal sebagai prajurit yang berjalan kaki dan bersenjata bedil dan pasukan ini sering disebut sebagai “queenn of the battle” karena fungsinya sebagai pasukan penakluk dengan tugas menguasai kedudukan musuh.

Dan perlu kamu ketahui pelatihan infanteri ini pendidikannya dilaksanakan selama kurun waktu selama 3 bulan kedepan. Dengan pendidikan ini diharapkan kemmapuan siswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan sebagai Tamtama Infanteri.

Dan sebagai Tamtama Infanteri ini harus memiliki kondisi yang prima sesuai spesialisasi jabatan Militer (SJM) tingkat 1 di kecabangan.

Tugas dan Fungsi Pussenif

Pussenif Bandung

Nah, sebelum  beranjak ke alamatnya alahkah baiknya kita pahami dulu apa saja tugas dan fungsi dari Pussenif Indonesia ini dan berikut merupakan beberapa tugas dan fungsi pussenif, diantaranya adalah:

1. Tugas Pokok

Pussenif ini bertugas pokok untuk menyelenggarakan pembinaan kesenjataan infantri, pendidikan dan latihan, penelitian dan pengmbangan Infantri serta Lintas udara di Lingkungan Angatan Darat dalam rangka pembinaan kemampuan dan kekuatan satuan Infantri.

2. Fungsi

Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut di atas Pussenif menyelenggarakan fungsi-fungsinya sebagai berikut:

2.1 Fungsi Utama

Fungsi utama dari pussenif ini adalah pembinaan kesenjataan

Meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan yang berkenaan dengan perencanaan dan pengendalian perumusan kebijakan tentang kesiapan satuan organisasi, personel, materiil, taktik dan tehnik, dan doktrin peraturan dan petunjuk yang berhubungan dengan kecabangan infantri serta lintas udara dalam melaksanakan tugas tempur darat secara berdaya guna dan berhasil guna.

Pembinaan Pendidikan dan Latihan

Meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan secara terus menerus yang berkenaan dan pengawasan, pengolahan kebijakan di bidang pendidikan dan latihan kecabangan infantri dalam rangka peningkatan mutu prajurit dan satuan infantri.

Pembinaan Penelitian dan Pengembangan

Meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan secara terus menerus yang berkenaan dengan perencanaan serta pelaksanaan kegiatan penelitian di bidang pengembangan di bidang sistem dan metoda, organisasi personel, materiil, taktik dan teknik, pendidikan dan latihan kecabangan infantari maupun lintas udara berdasarkan strategi serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2.2 Fungsi Organik Militer

Yaitu meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan di bidang pengamanan, personel, logistik, perencanaan dan Binter terbatas serta pengawas dan pengendalian dalam rangka mendukung tugas pokok Pussenif Kodiklatad.

2.3 Fungsi Organik Pembinaan

Yaitu meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan dibidang latihan dalam rangka mendukung tugas pokok Pussenif Kodiklatad.

Alamat Pussenif Bandung

Pussenif Bandung

Setelah memahami apa itu Pussenif sekarang kita bahas sebetulnya pusat Pussenif ini berada dimana. Jadi, Pussenif Bandung ini beralamat di Jl.Supratman No.60, Cipahit, Kecamatan bandung, Jawa Barat 40114 berlokasi di Pusat Kesenjataan Infantri.

Dan bagi kamu yang membutuhkan kontaknya kamu bisa simak kontak yang bisa dihubungi di Pussenif Bandung yaitu di (022) 7206445.

Struktur Organisasi Pussenif Bandung

Pussenif Bandung

Selanjutnya mari kita bahas struktur dari Pussenif bandung ini dan berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Dimana strukutr organisasi Pussenif ini memiliki tingkat organisasi pada Pussenif terbagii atas 4 Eselon atau jenjang kepangkatan dalam organisasi Pussenif, yaitu:

  • Eselon Pimpinan
  • Eselon Pembantu Pimpinan
  • Eselon Pelayan
  • Eselon Plaksana

Dan berikut beberapa pejabat Pussenif bandung yang perlu kamu ketahui, diantaranya yaitu:

  • Danpussenif yaitu di pimpin oleh Letnan TNI Dr.Anton Nugroho, M.M.D.S.,M.A
  • Wadan Pussenif yaitu dipimpin oleh Mayjen TNI Toto Nurwanto, S.IP.,M.Si.
  • Inspektur Pussenif yaitu oleh Brigjen TNI Irwan Subekti
  • Dirjen Pussenif yaitu Brigjen TNI Windiyatno
  • Dirum Pussenif yaitu Brigjen TNI Aditya Nindra Pasha,S.E.
  • Dirbindok Pussenif yaitu oleh kolonel Inf Sunarto
  • Dirbindik Pussenif oleh Kolonel Inf Wayan Sandi Susila, S.E., M.SI
  • Dirnilat Pussenif adalah Kolonel Inf Khabib Mahfud, S.I.P., M.M
  • Dirbinlitbang Pussenif yaitu oleh Kolonel Inf Ruddy Hermawan S.H, S.I.P
  • Dirbinrenproggar Pussenif oleh Kolonel Inf Irwan Harjatmono

Fasilitas Pussenif Bandung

Pussenif Bandung

Pusat Kesenjataan Infentari tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat Punnesif TNI AD berkolaborasi dengan KONI kota Bandung menyediakan tempat berlatih para atlet terutama dari atlet 9 cabang olahraga.

9 cabang olahraga tersebut adalah judo, menembak, muaytai, panahan, panjat tebing, sepak bola, sepatu roda, tenis lapangan dan tenis meja. Dan kini para atlet bisa berlatih di pusat Kesenjataan Infantri Tentara Nasional Indonesia Ankatan Darat.

Dengan hal tersebut berharap dengan hadirnya fasilitas baru yang di fasilitasi oleh Pussenif TNI AD ini membuat prestasi para atlet Kota Bandung semakin lebih meningkat lagi.

Karena kemmapuan para atlet Kota bandung tidak bisa dianggap sebelah mata. Pada PON Papua 2020 lalu, kontingen atlet Kota Bandung menyumbang 33 persen mendali emas. Sehingga para atlit memang membutuhkan fasilitaas yang betul-betul memadai.

Bahkan kini memiliki attket sebanyak 14.322 orang yang tersebar di kejuaraan level daerah, atlet-atlet ini harus terpenuhi fasilitas latihannya

Karena bukan hanya saja berprestasi di kancah nasional, tapi juga bisa sampai internasional . selain itu beberapa fasiitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) terdapat beberapa fasilitas yang disediakan di Pussenif Bandung, diantaranya adalah:

1. Dokter Umum

  • dr. Rurit Ramadhani
  • dr. Wiwiek Astuti (tiap hari senin, rabu, dan jumat)
  • dr. Hanna (kamis)
  • dr. Isya Ahmad Yani

2. Dokter Gigi

  • Drg. Rina Lusia Arianty
  • Drg. Thia Astisia

3. Bidan Melani Meilani, SST

Buka Praktek:

  • Hari kerja (senin-jum’at)
  • Hari sabtu, minggu dan libur nasional
  • Pukul 08.00 sampai dengan selesai
  • Untuk menghubunginya bisa melalui kontak person 081322871282 (Pak Siswanto)

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai Pussenif Bandung mulai dari pengertian, tugas dan fungsi Pussenif, alamat Pussenif Bandung hingga fasilitas yang dimiliki oleh Pussenif bandung secara lengkap semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat ya.

FAQ| Pussenif Bandung: Pengertian, Alamat, Struktur Organisasi, Fasilitas

Sejak kapan Pussenif Bandung di bentuk?

Yaitu sejak 17 Januari 1950.

Siapakah Komandan Pussenif Bandung sekarang?

Untuk saat ini Pusdikif dijabat oleh Brigadir Jenderal TNI   Indra Heri, S.E