Scroll untuk baca artikel
Warta Bandung

Rutan Kelas 1 Bandung: Fungsi, Lokasi dan Aktivitas

×

Rutan Kelas 1 Bandung: Fungsi, Lokasi dan Aktivitas

Sebarkan artikel ini
Rutan Kelas 1 Bandung

Rutan Kelas 1 Bandung, sebagai bagian integral dari sistem peradilan di Indonesia, memainkan peran penting dalam menjaga keteraturan dan kepatuhan terhadap hukum.

Wilayah kerjanya meliputi penegakan hukum di Polrestabes Kota Bandung, Polres Cimahi, Polda Jabar, Kejaksaan Negeri Bandung, Kejaksaan Negeri Kota Cimahi, Kejaksaan Tinggi Jabar, Pengadilan Bandung, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bandung, dan Pengadilan Tinggi Jabar.

Kedudukan, Tugas dan Fungsi Rutan Kelas 1 Bandung

Rutan Kelas 1 Bandung

Menurut Keputusan Presiden Nomor 24 tahun 2004 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, dan Susunan dan Tata Kerja Instansi Vertikal di Lingkungan Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia, Rutan Kelas 1 Bandung memiliki kedudukan, tugas, dan fungsi yang jelas.

1. Kedudukan

Rutan Kelas 1 Bandung merupakan Unit Pelaksana Teknis yang bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan kepada tahanan untuk kepentingan penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan sidang di pengadilan.

Rutan ini berada di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat, dan secara langsung bertanggung jawab kepada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

2. Tugas

Tugas utama Rutan Kelas 1 Bandung adalah melaksanakan perawatan terhadap tersangka atau terdakwa sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam konteks ini, Rutan memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa tahanan menerima perlakuan yang layak dan sesuai dengan hak-hak mereka sebagaimana dijamin oleh undang-undang.

3. Fungsi

Fungsi utama Rutan Kelas 1 Bandung adalah melaksanakan pelayanan tahanan, menjaga keamanan dan ketertiban, serta mengelola administrasi dan keuangan Rutan.

Ini mencakup berbagai aspek seperti pemeliharaan disiplin di dalam Rutan, pengelolaan fasilitas, dan administrasi kehadiran tahanan.

Sebagai bagian dari sistem peradilan yang komprehensif, Rutan Kelas 1 Bandung memegang peranan penting dalam menjaga integritas dan keteraturan hukum.

Lokasi dan Sejarah Rutan Kelas I Bandung

Rumah Tahanan Negara Kelas I Bandung memiliki posisi strategis di Jalan Jakarta Nomor 29, Kota Bandung.

Berada di sebelah baratnya adalah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat, sementara sebelah utara dan timur berbatasan dengan Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT) Bandung.

Di sebelah selatannya, rumah tahanan ini berbatasan dengan jalan Jakarta, dengan luas area mencapai sekitar 42.650 meter persegi.

Bangunan fisik yang menjadi Rumah Tahanan Negara Kelas I Bandung mulai dibangun pada tahun 1927. Awalnya, bangunan ini digunakan sebagai Lembaga Pemasyarakatan (LP) Militer yang menampung tahanan politik dan militer dari tahun 1960 hingga 1980.

Pada tahun 1985, atas prakarsa Kepala Lapas Banceuy Bandung, R.A. Basarah, semua penghuni Lapas Banceuy Bandung dipindahkan ke Rumah Tahanan Negara di Jalan Jakarta No. 29 Bandung.

Setelah itu, bangunan ini dipergunakan sebagai Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy. Barulah pada tanggal 1 Juli 1990, bangunan tersebut resmi dijadikan Rumah Tahanan Negara Kelas I Bandung.

Rincian Bangunan dan Kapasitas Rutan

Luas bangunan Rumah Tahanan Negara Kelas I Bandung mencapai 27.540 meter persegi, yang meliputi berbagai fasilitas penting seperti ruang perkantoran, ruang serbaguna, sarana ibadah, ruang kunjungan, rumah sakit, dapur, gudang, pos jaga, serta kamar-kamar hunian.

Kapasitas hunian rutan ini mencapai 1.016 orang, dengan jumlah blok hunian mencapai 5 blok, yaitu Blok A, Blok B, Blok C, Blok D (lantai I), Blok E (lantai II), dan Blok F (lantai III).

Rutan Kelas 1 Bandung

Melalui berbagai tahap dan perubahan fungsi, Rumah Tahanan Negara Kelas I Bandung telah menjalani transformasi dari bangunan yang dulunya digunakan untuk keperluan militer menjadi lembaga pemasyarakatan.

Pelayanan Terhadap Tahanan

Pelaksanaan pelayanan tahanan di Rumah Tahanan Negara Kelas I Bandung didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 58 tahun 1999 yang mengatur mengenai syarat-syarat serta tata cara pelaksanaan wewenang, tugas, dan tanggung jawab dalam merawat tahanan.

Kegiatan perawatan tahanan di Rumah Tahanan Negara Kelas I Bandung mencakup berbagai aspek, antara lain:

1. Perawatan Nutrisi

Nutrisi tahanan diukur dengan memperhitungkan jumlah kalori sebanyak 2.200 k.kl, dengan asumsi bahwa kebutuhan kalori tersebut mencukupi bagi individu yang menjalani aktivitas ringan.

2. Perawatan Jasmani

Untuk menjaga kesehatan fisik, tahanan diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga seperti bola voli, bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja, futsal, dan senam kesegaran jasmani.

3. Perawatan Rohani

Aspek keagamaan dipenuhi melalui beragam kegiatan, seperti pondok pesantren untuk umat Islam, kegiatan gereja bagi umat Nasrani, dan tersedianya layanan konsultasi psikologi.

4. Perawatan Kesehatan

Pelayanan kesehatan utama disediakan di poliklinik yang dilengkapi dengan tenaga medis. Terdapat tiga dokter umum, di antaranya satu orang sedang menempuh pendidikan spesialis kedokteran jiwa, serta dua dokter umum lainnya.

Selain itu, terdapat lima orang tenaga perawat yang siap memberikan perawatan dan pengawasan kesehatan kepada tahanan.

Pembinaan Narapidana di Rutan Kelas 1 Bandung

Pembinaan narapidana di Rumah Tahanan Negara Kelas I Bandung diimplementasikan melalui serangkaian kegiatan yang mencakup beragam aspek, antara lain:

1. Pondok Pesantren Daarut Taubah

Pembinaan narapidana dilakukan melalui kegiatan di Pondok Pesantren Daarut Taubah yang terdiri dari tiga kategori, yakni kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

2. Kegiatan Gereja

Kegiatan keagamaan bagi umat Nasrani diselenggarakan bekerja sama dengan BKSPFKK (Badan Kerjasama Pelayanan Firman Kristen Katolik)

3. Kegiatan Pramuka

Narapidana anak-anak aktif mengikuti latihan Pramuka yang diadakan setiap hari Jumat.

4. Penyuluhan Hukum

Rutan Kelas 1 Bandung

Kegiatan penyuluhan hukum diadakan dua kali seminggu pada hari Senin dan Kamis, dengan materi yang disesuaikan dengan bidang tugas unit kerja di lingkungan Rumah Tahanan Kelas I Bandung.

Tenaga penyuluh adalah petugas yang memiliki keahlian sesuai dengan materi bidang tugas.

5. Olahraga

Narapidana berpartisipasi dalam berbagai kegiatan olahraga seperti bola voli, futsal, tenis lapangan, tenis meja, dan bulu tangkis.

6. Upacara Kesadaran Nasional Bagi Warga Binaan

Upacara kesadaran nasional diadakan dua minggu sekali setiap hari Senin untuk meningkatkan kesadaran nasional bagi narapidana.

7. Perpustakaan

Akses ke perpustakaan tersedia setiap hari selama jam kerja, kecuali pada hari Jumat dan Minggu.

Melalui beragam kegiatan ini, Rumah Tahanan Negara Kelas I Bandung berupaya memberikan pembinaan yang holistik kepada narapidana, mencakup aspek keagamaan, pendidikan, keterampilan, serta kesadaran hukum dan nasional.

Sistem Pengamanan Rutan Kelas 1 Bandung

Sistem keamanan di Rumah Tahanan Negara dijalankan secara resmi oleh Kesatuan Pengamanan Rutan, yang memiliki jam tugas yang sama dengan staf di bidang lainnya.

Selain itu, terdapat regu pengamanan yang bertugas secara bergantian dengan jadwal sebagai berikut.

  • Regu I bertugas dari pukul 07.00 hingga 13.00.
  • Regu II bertugas dari pukul 13.00 hingga 19.00.
  • Regu III bertugas dari pukul 19.00 hingga 07.00.

Pada waktu tugas Regu III, yang dimulai dari pukul 19.00 hingga 07.00, petugas pengamanan dibantu oleh dua orang petugas piket dari staf bidang lain serta satu orang staf dari Kesatuan Pengamanan Rutan.

Pada malam hari, pelaksanaan tugas keamanan dikendalikan oleh petugas kontrol yang merupakan bagian dari jajaran pejabat struktural, dengan jam pengawasan dari pukul 24.00 hingga 04.00.

Dengan pengaturan ini, keamanan di Rumah Tahanan Negara dapat dipastikan selama 24 jam sehari.

Regu pengamanan memastikan bahwa setiap aspek keamanan rutan kelas 1 Bandung terpenuhi dengan baik, menjaga ketertiban dan keamanan di dalam fasilitas tersebut.

FAQ | Pertanyaan Seputar Rutan Kelas 1 Bandung

Apa yang Dimaksud dengan Rutan Kelas 1 Bandung?

Rutan Kelas 1 Bandung adalah lembaga pemasyarakatan di Kota Bandung yang menyediakan pelayanan bagi tahanan dalam proses penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan sidang.

Apakah Ada Persyaratan untuk Mengunjungi Tahanan di Rutan Kelas 1 Bandung?

Pengunjung harus mematuhi aturan dan prosedur yang ditetapkan oleh pihak Rutan untuk keamanan dan ketertiban.