Mustakim ID Seorang Blogger, Penulis dan Penikmat Kopi. Menulis Adalah Kebutuhan dan Hobi. Selain Babandungan.com, Saya Juga Sibuk di Beberapa Media Lainnya.

[Ceria & Sejarah] Siapa yang Memberi Nama Kota Bandung?

Siapa yang Memberi Nama Kota Bandung 2

Bandung merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia. Bandung menjadi ibu kota provinsi Jawa Barat. Sebagai pusat pemerintahan provinsi, Bandung menjadi pusat perhatian di Jawa Bawat. Namun kalian penasaran gak sih, kenapa di beri nama “Bandung” dan siapa yang memberi nama kota Bandung?

Beberapa orang ada yang kaitkan nya dengan cerita film si Bandung pada era 90’an. Namun beberapa orang di antaranya justru mengaitkannya dengan cerita Sangkuriang atau Tangkuban Perahu.

Setiap cerita memiliki versi nya masing-masing. Namun yang manamupun sumbernya, itu semua kembali kepada orang yang menerima cerita tersebut.

Kapan Berdirinya Kota Bandung?

Sejarah kota Bandung terbentuk pada jaman penjajahan, yaitu di era pemerintahan kolonial Hindia Belanda pada abad ke 19. Kota Bandung didirikan atas kebijakan bupati Bandung ke-6 yaitu R.A.Winata Kusumah II yang memimpin sejak 1794-1829.

Namun proses peresmiannya di percepat oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda yang ke-36 yaitu Hilman Wilm Daendels yang memerintah pada tahun 1808-1811 melalui surat keputusan 25 september 1810, dimana tanggal tersebut menjadi hari jadi kota Bandung.

Asal Usul Nama “Bandung”

Menurut cerita rakyat yang berkembang, nama “Bandung” berasal dari dari kata bendung atau bendungan. Dari ceritanya, dahulu kala sungai Citarum terbendung oleh lava panas dari gunung tangkuban perahu.

Hal tersebut mengakibatkan daerah Padalarang hingga Cicalengka dan juga daerah antara tangkuban perahu hingga Soreang terendam air hingga menjadi sebuah telaga besar yang disebut oleh masyarakat waktu itu dengan sebutan Danau Bandung atau Danau Bandung Purba.

Lama kelamaan danau Bandung ini semakin hari semakin surut, hingga pada akhirnya surut dan kering. Setelah itu, mulailah bekas danau ini di huni oleh warga masyarakat dan mendirikan pemerintahan.

Siapa yang Memberi Nama Kota Bandung?

Jika disebutkan siapa orang yang memberikan nama kota Bandung, sampai saat ini tidak ada orang yang mengetahuinya. Karena cerita tersebut juga simpang siur.

Setelah tim Babandungan bertanya ke beberapa warga lokal lain asli Bandung, mereka tahu cerita itu juga dari orang tua mereka sendiri. Jadi tidak ada pastinya siap orangnya. Hanya ada cerita dan sejarah luasnya saja.

Secara historinya, nama kota Bandung tersebut di ambil dari nama bendungan yang dulu pernah menenggelamkan seluruh wilayah kota Bandung.

Mustakim ID Seorang Blogger, Penulis dan Penikmat Kopi. Menulis Adalah Kebutuhan dan Hobi. Selain Babandungan.com, Saya Juga Sibuk di Beberapa Media Lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *