Scroll untuk baca artikel
Warta Bandung

Simpelman Kota Bandung: Keuntungan serta Layanan yang Disediakan

×

Simpelman Kota Bandung: Keuntungan serta Layanan yang Disediakan

Sebarkan artikel ini
Simpelman Kota Bandung

Di era digitalisasi yang terus berkembang, pelayanan publik pun turut mengikuti jejaknya untuk menjadi lebih efisien dan nyaman bagi masyarakat.

Salah satu contohnya adalah peluncuran Sistem Informasi Pelayanan Pemakaman / Simpelman Kota Bandung oleh Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang (Ciptabintar) Kota Bandung.

Peluncuran ini, yang secara resmi dilaksanakan pada tanggal 29 November 2022 di Hotel él Royale, menandai langkah maju dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan pemakaman yang lebih sederhana, transparan, dan efisien.

Latar Belakang Peluncuran Simpelman Kota Bandung

Simpelman Kota Bandung

Simpelman adalah salah satu aplikasi layanan pemakaman yang hadir di Kota Bandung. Tujuan utamanya adalah untuk mengoptimalkan pendapatan sektor retribusi daerah, menyempurnakan tata kelola transaksi pembayaran yang lebih transparan.

Dengan kata lain, Simpelman tidak hanya menyederhanakan proses administratif terkait pemakaman, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pengguna.

Untuk memenuhi kebutuhan akan pelayanan pemakaman yang mudah, cepat, efektif, dan efisien, Dinas Ciptabintar menggagas inovasi berupa aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Pemakaman Bandung Juara, yang dikenal dengan nama Simpelman Bandung Juara.

1. Menjawab Kebutuhan Masyarakat

Simpelman Bandung Juara hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan pemakaman yang sesuai dengan tuntutan zaman. Masyarakat modern membutuhkan kemudahan dalam mengurus berbagai urusan, termasuk pemakaman.

Simpelman Kota Bandung

Simpelman diciptakan dengan tujuan untuk memastikan bahwa proses pemakaman di Kota Bandung menjadi lebih efisien dan meminimalisir beban administratif bagi masyarakat.

2. Mewujudkan Misi RPJMD Kota Bandung

Inovasi Simpelman juga sejalan dengan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bandung tahun 2018-2023, yang menitikberatkan pada mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien, dan bersih.

Dengan menghadirkan Simpelman, Dinas Ciptabintar berupaya memberikan pelayanan yang berkualitas dan terintegrasi dalam rangka mencapai visi dan misi pembangunan Kota Bandung yang lebih baik.

3. Berbasis Elektronik Sesuai Peraturan Perundang-undangan

Simpelman Bandung Juara tidak hanya inovatif dalam bentuknya, tetapi juga dalam pemenuhan aspek hukum. Aplikasi ini didesain untuk menyesuaikan dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Dengan demikian, Simpelman tidak hanya memberikan kemudahan bagi masyarakat, tetapi juga memastikan bahwa operasinya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

4. Didukung oleh Landasan Hukum Lokal

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Kota Bandung, Bambang Suhari, menegaskan bahwa Simpelman sudah dipayungi oleh landasan hukum yang kuat.

Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 99 Tahun 2021 tentang Sistem Informasi Pelayanan Pemakaman Kota Bandung menjadi dasar legal bagi keberadaan dan operasional Simpelman.

Dengan dukungan landasan hukum yang jelas, Simpelman diharapkan mampu memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat Kota Bandung.

5. Meningkatkan Kemudahan dan Kenyamanan

Melalui Simpelman, proses pelayanan pemakaman menjadi lebih simpel dan nyaman bagi masyarakat Kota Bandung. Mereka tidak lagi merasa kesulitan atau terjebak dalam birokrasi yang rumit dalam mengurus data pemakaman.

Dengan aplikasi ini, mereka dapat dengan mudah mengakses informasi, mengajukan permohonan, serta melakukan pembayaran, semua dalam satu platform yang terintegrasi.

Keuntungan Simpelman Kota Bandung

1. Tata Kelola Transaksi yang Lebih Transparan

Melalui Simpelman, setiap transaksi pembayaran pemakaman dapat dilacak dengan lebih mudah dan transparan.

Hal ini tidak hanya memperkuat akuntabilitas pemerintah dalam pengelolaan keuangan publik, tetapi juga memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa dana yang mereka bayarkan digunakan dengan tepat dan transparan.

2. Kemudahan bagi Wajib Retribusi

Bagi wajib retribusi, Simpelman menyediakan kemudahan dalam proses pembayaran pemakaman.

Mereka dapat mengakses layanan ini secara online, kapan pun dan di mana pun, tanpa harus datang ke kantor secara langsung. Ini tentu saja menghemat waktu dan tenaga, serta mengurangi kemungkinan kesalahan administratif.

3. Peningkatan Kualitas Layanan

Selain menyederhanakan proses administratif, Simpelman juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pemakaman secara keseluruhan.

Dengan memberikan akses yang lebih mudah dan cepat kepada masyarakat, diharapkan proses pemakaman dapat berlangsung dengan lebih lancar dan mengurangi beban emosional bagi keluarga yang ditinggalkan.

4. Optimalisasi Pendapatan Retribusi Daerah

Simpelman memungkinkan Dinas Ciptabintar Kota Bandung untuk lebih efektif dalam mengelola dan memantau pembayaran retribusi pemakaman.

Dengan sistem yang terotomatisasi, potensi kebocoran pendapatan dapat diminimalisir, sehingga pendapatan daerah dapat ditingkatkan secara signifikan.

Layanan Simpelman Kota Bandung

Simpelman bukan sekadar sebuah aplikasi, tetapi sebuah sistem informasi pelayanan pemakaman yang menyediakan beragam layanan penting bagi masyarakat. Berikut adalah gambaran lengkap tentang layanan yang disediakan oleh Simpelman di Kota Bandung.

1. Layanan Pemakaman Baru dan Tumpang

Pelayanan ini mencakup proses registrasi untuk pemakaman baru atau tumpang. Berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi dalam proses registrasi pemakaman baru:

Persyaratan dalam Registrasi Pemakaman Baru:

  • Pendaftar harus memiliki KTP yang sah.
  • Memiliki nomor HP dan email untuk validasi.
  • Memilih lokasi taman pemakaman umum yang diinginkan.

Dokumen yang Harus Disiapkan:

  • KTP almarhum.
  • KTP ahli waris/pemohon.
  • Surat keterangan kematian.

Setelah proses registrasi selesai, biaya pemakaman harus dibayarkan. Simpelman memudahkan proses pembayaran setelah proses pemakaman dilakukan.

2. Layanan Perpanjangan Penggunaan Lahan Pemakaman (Her Registrasi Makam)

Layanan ini menyediakan proses perpanjangan penggunaan lahan pemakaman. Masyarakat yang memiliki makam di taman pemakaman umum dapat memperpanjang penggunaannya melalui Simpelman dengan prosedur yang jelas dan mudah.

3. Layanan Pengantaran Jenazah

Simpelman juga menyediakan layanan pengantaran jenazah. Masyarakat dapat melakukan permintaan pengantaran jenazah melalui aplikasi ini, yang akan memudahkan proses koordinasi antara pihak keluarga dengan pihak terkait di pemakaman.

4. Informasi TPU

Selain itu, Simpelman juga menjadi sumber informasi terpercaya mengenai tempat pemakaman umum (TPU). Masyarakat dapat mengakses informasi mengenai lokasi TPU, fasilitas yang tersedia, serta prosedur dan biaya yang berlaku melalui aplikasi ini.

Proses Pembayaran Retribusi Pemakaman

Untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran retribusi pemakaman, Simpelman menyediakan berbagai opsi pembayaran, antara lain:

  • Teller Bank BJB.
  • Transfer ATM.
  • Virtual Account (VA).
  • Q-RIS BJB.

Masyarakat dapat melakukan pembayaran dengan cara yang paling nyaman bagi mereka, baik secara online maupun offline.

Selain itu, akses untuk melakukan pembayaran juga bisa dilakukan melalui website resmi Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi, dan Tata Ruang Kota Bandung di www.diciptabintar.bdg.go.id.

Simpelman Kota Bandung

Dengan menyediakan beragam layanan yang terintegrasi dalam satu platform, Simpelman berhasil mengubah paradigma dalam pelayanan pemakaman di Kota Bandung.

Masyarakat tidak lagi harus menghadapi proses yang rumit dan membingungkan dalam urusan pemakaman, karena Simpelman Kota Bandung hadir untuk memberikan kemudahan, kejelasan, dan kenyamanan dalam setiap langkahnya.

FAQ | Pertanyaan Seputar teknologi Simpelman Kota Bandung

Bagaimana Cara Menggunakan Layanan Simpelman Kota Bandung?

Untuk menggunakan layanan Simpelman, pengguna dapat mengunduh aplikasi melalui platform yang tersedia dan mengakses berbagai layanan seperti registrasi pemakaman baru, perpanjangan penggunaan lahan pemakaman, pengantaran jenazah, dan informasi mengenai tempat pemakaman umum (TPU).

Apakah Simpelman Kota Bandung Sesuai Dengan Regulasi Hukum yang Berlaku?

Simpelman dibuat sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan didukung oleh Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 99 Tahun 2021 tentang Sistem Informasi Pelayanan Pemakaman Kota Bandung