Scroll untuk baca artikel
Tempat Piknik

Taman Lansia Bandung: Sejarah, Tiket Masuk, Rute, Fasilitas

×

Taman Lansia Bandung: Sejarah, Tiket Masuk, Rute, Fasilitas

Sebarkan artikel ini
Taman Lansia Bandung: Sejarah, Tiket Masuk, Rute, Fasilitas

Taman Lansia Bandung bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin menikmati kesejukan dari Kota Kembang. Bandung memang tidak perlu kehilangan cara untuk memanjakan masyarakatnya, seperti halnya Taman Lansia. Taman kota satu ini menjadi rekomendasi destinasi liburan akhir pekan yang murah dan juga mudah dijangkau.

Selain dekat dengan kota dan murah, taman kota satu ini juga memiliki fasilitas begitu lengkap. Tidak hanya berupa bentuk taman saja, melainkan ada banyak fasilitas umum yang siap membuat pengunjung merasa nyaman saat berada disini.

Sejarah dari Taman Lansia Bandung

Taman Lansia Bandung
Taman Lansia Bandung

Taman Lansia Bandung ternyata mempunyai sejarah yang panjang dan unik. Taman kota satu ini adalah sebuah taman biasa saja, yang mana salah satu sudut taman memiliki area khusus untuk terapi refleksi.

Area tersebut berupa area lapang dengan lantai batu-batu kecil tertata rapi. Untuk para pengunjung lansia sering kali datang lokasi tersebut untuk terapi kelancaran peredaran darah. Caranya sederhana sekali dengan berjalan santai saja di atas area tersebut.

Berjalannya waktu, taman lansia pun kian ramai oleh para pengunjung dari berbagai kalangan usia, terlebih lagi ketika akhir pekan tiba. Rata-rata pengunjung adalah keluarga. Selayaknya taman pada umumnya, Taman Lansia Bandung begitu asri dan membuat nyaman. Kawasan ini juga masuk ke dalam kategori objek wisata tertua di Kota Bandung karena sudah ada sejak tahun 1885 silam.

Harga Tiket Masuk Taman Lansia Bandung

Lain hanya dengan kebanyakan tempat wisata, kamu tidak perlu membayar tiket masuk ke Taman Lansia Bandung. Mengingat, Taman Lansia ini merupakan fasilitas publik dan terbuka untuk umum bagi para pengunjungnya.

Semua pengunjung bisa langsung masuk ke dalam area taman dar jalan masuk yang sudah tersedia. Perlu diketahui juga, disini kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk parkir kendaraan saja, sepeda motor 2 ribu rupiah dan mobil 5 ribu rupiah saja.

Selanjutnya, jam buka dari Taman Lansia ini sudah 24 jam nonstop, seperti halnya taman kota pada umumnya. Walaupun biaya masuk gratis, namun disini kamu harus menjaga sikap dan perilaku.

Tidak lupa juga untuk menjaga kebersihan area taman supaya tetap terjaga keindahannya. Pemerintah Kota Bandung juga telah menyediakan fasilitas tempat sampah yang disebar di sejumlah titik. Kemudian, ada pula tanaman hias yang perlu dijaga oleh para pengunjung disini.

Rute dan Lokasi dari Taman Lansia Bandung

Taman Lansia Bandung ini lokasinya bisa dikatakan strategis, yakni berada di dekat pusat Kota Bandung. Lebih tepatnya beralamat di Jalan Cisangkuy, Citarum, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat.

Hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari pusat Kota Bandung dan hanya perlu kamu tempuh kurang dari 5 menit saja. untuk kamu yang berasal dari luar Bandung, maka bisa jadikan Gedung Sate sebagai patokannya.

Taman Lansia Bandung tidak terlalu jauh dari Gedung Sate. Lalu, patokannya lainnya adalah Museum Geologi Bandung. Jika kamu membawa kendaraan pribadi, maka bisa buka aplikasi Google Maps agar lebih mudah. Tinggal ketik saja Taman Lansir, maka rute akan segera muncul seperti melalui Jalan Lombok dan Jalan Bangka.

Daya Tarik dari Taman Lansia Bandung

Tidak hanya sekedar menawarkan keasrian saja, Taman Lansia Bandung ini ternyata memiliki daya tarik tersendiri sehingga dijadikan sebagai lokasi wisata yang hits di Kota Kembang. Taman tersebut sudah dijaga kelestariannya dan asri sehingga tidak heran usia taman telah mencapai ratusan tahun lamanya.

Ada banyak sekali kegiatan yang dapat kamu lakukan bersama dengan keluarga ketika berkunjung ke Taman Lansia, seperti hanya berfoto, piknik, jalan santai, jogging, olahraga dan lain sebagainya.

1. Danau-danau yang indah

Taman Lansia Bandung mempunyai dua danau dengan ukuran dan kedalaman yang berbeda-beda. Untuk jenis danau pertama dengan ukuran 1.300 meter persegi dan kedalaman mencapai 4 meter. Lalu, untuk danau yang kedua ukurannya kisaran 700 meter persegi dengan kedalaman sekitar 3 meter.

Kedua danau tersebut telah dihubungkan oleh jembatan agar memudahkan akses bagi para pengunjung dari satu danau ke danau yang lainnya. Selain itu juga, kamu bisa pula menikmati keindahan danau tersebut dari gardu pandang yang terletak pada tepiannya.

2. Olahraga ringan

Memasuki waktu pagi dan sore hari bisa dikatakan jadi saat yang cocok untuk kamu berkunjung ke Taman Lansia Bandung. Terlebih lagi bagi kamu yang suka berolahraga dapat melakukan olahraga ringan di sekitar taman.

Olahraga ringan yang bisa kamu lakukan seperti jalan kaki, jogging ataupun senam. Namun ada juga beberapa pengunjung yang lebih memilih latihan pernapasan dengan cara menghirup udara segar sembari mengelilingi taman. Pilihan yang lain untuk aktivitas di Taman Lansia ini ialah bersepeda santai sambil menyusuri keindahan taman tertua di Bandung.

3. Piknik bareng keluarga

Bila kamu datang bersama dengan rombongan keluarga, maka salah satu aktivitas yang cukup seru dilakukan di Taman Lansia Bandung adalah piknik. Ada banyak sekali bangku-bangku taman yang telah tersedia. Bahkan, kamu bisa melihat deretan bangku yang disediakan pada tiap sudut lokasi taman.

Sambil menyaksikan anak-anak yang bermain di taman tersebut, kamu juga dapat menyantap perbekalan makanan khas Bandung yang sudah dibawa dari rumah. Tidak lupa juga, kamu harus membuang sampah ditempat yang telah disediakan sembari menjaga kebersihan dari taman tertua di Bandung tersebut.

4. Foto-foto di spot menarik

Kurang lengkap rasanya jika kamu mengunjungi taman kota di Bandang jika tidak berfoto. Ditambah lagi, untuk Taman Lansia Bandung memiliki banyak spot foto yang instagramable dan dijamin keren saat di upload ke sosial media.

Salah satu dari spot foto favorit yang menjadi favorit pengunjung di Taman Lansia Bandung adalah patung dinosaurus T-Rex. Di depan spot foto tersebut juga tersedia sepeda ontel yang dipasang secara permanen, yang mana ditujukan sebagai tempat foto yang cocok untuk para pengunjung.

5. Fasilitas dan layanan publik  

Setelah banyak daya tarik yang ditawarkan oleh Taman Lansia Bandung, ada juga fasilitas dan pelayanan publik yang disediakan oleh pemerintah Kota Bandung. Bisa dikatakan fasilitas yang disediakan disini sangat lengkap sekali, mulai dari area parkir yang luas, warung, bangku dan tempat duduk, dan juga toilet umum. Selain itu, ada juga fasilitas lainnya berupa akses WiFi gratis bagi para pengunjung disini.

Taman Lansia Bandung menjadi salah satu destinasi wisata yang berada tepat di pusat Kota Kembang, dan tercatat sebagai taman tertua di ibukota Provinsi Jawa Barat sejak masa kolonial Belanda.