Scroll untuk baca artikel
Warta Bandung

Titik Pantau Lampu Lalu Lintas ATCS Kota Bandung

×

Titik Pantau Lampu Lalu Lintas ATCS Kota Bandung

Sebarkan artikel ini
ATCS Kota Bandung
ATCS Kota Bandung

ATCS Kota Bandung jadi salah satu media pemantauan lampu lalu lintas yang sudah tersebar di sejumlah titik di ibukota Jawa Barat. CCTV Live Bandung tersebut bisa kamu jadikan sebagai alternatif untuk memantau kondisi lalu lintas secara langsung dan realtime dapat keuntungan tersendiri bagi masyarakat.

Dengan adanya teknologi CCTV, para pengguna dapat mengetahui kondisi terkini dari jalan raya Kota Bandung secara langsung dari berbagai sudut pandang yang sudah dipasangkan. CCTV Live Bandung ini bakal memungkinkan para pengguna mengetahui kepadatan lalu lintas, kondisi cuaca terkini, lokasi yang rawan kemacetan dan lain sebagainya.

Selain itu juga, para pengguna bisa menggunakan layanan ATCS Kota Bandung ini sebagai referensi ketika hendak menentukan rute perjalanan supaya berlangsung dengan aman dan juga lancar. Disini, kami sudah menyiapkan informasi lengkap seputar CCTV Live Kota Bandung beserta cara mengakses layanan pemantauan lalu lintas terkini di ibukota Jawa Barat.

Sekilas Tentang Teknologi ATCS Kota Bandung

Untuk sekarang ini, lampu lalu lintas dan CCTV sudah bekerja dengan didasari oleh sistem Automatic Traffic Light Control System atau yang disingkat dengan ATCS. Sistem ini pun bakalan menentukan berapa lama lampu hijau akan menyala. Durasi waktu lampu hijau yang menyala pun didesain sesuai pada kepadatan kendaraan yang terjadi pada saat tersebut.

Lampu lalu lintas juga sudah dibantu oleh kehadiran kamera berbasis mikrokontroler. Hal ini bertujuan supaya lampu lalu lintas bisa bekerja secara optimal. Kamera ini pun juga sudah dibantu dengan ATCS dan lampu lalu lintas untuk mengetahui kepadatan lalu lintas yang terjadi pada area tempat pemasangan lampu lalu lintas tersebut.

Hasil dari tangkapan kamera CCTV tersebut nantinya bakal diolah oleh komputer. Kemudian, komputer bakalan menghitung berapa persentase dan kepadatan yang terjadi di lokasi jalan raya secara real time. Hasil perhitungan ini juga bisa menjadi indikator penentu seberapa lama lampu lalu lintas berwarna hijau akan menyala.

Lampu lalu lintas ini juga bisa mengalami pergantian warna yang menyala disesuaikan dengan waktu yang sudah ditentukan oleh pengoperasian komputer. Urutan lampu lalu lintas yang menyala juga bakal dimulai dari warna hijau, kuning dan terakhir warna lampu merah.

Titik Pantau Lampu Lalu Lintas ATCS Kota Bandung

Kkehadiran dari kamera CCTV lalu lintas yangs udah tersear di sejumlah titik kota Bandung jelas begitu membantu masyarakat dalam merencanakan perjalanan. Termasuk pula para pengendara yang berada dari luar kota tersebut.

Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa Bandung jadi salah satu kota favorit yang akan dikunjungi oleh para wisatawan dari luar kota ketika musim liburan atau weekend tiba. Terkait dengan hal tersebut, maka para pengendara pun bisa segera memanfaatkan jaringan kamera CCTV dengan teknologi ATCS Kota Bandung, semisalnya dari arah Jakarta yang dapat memantau rute perjalanan setempat.

Tidak kalah penting adalah jaringan CCTV dengan teknologi ATCS yang berada di jalan tol. Jadinya, masyarakat bisa dapatkan dua opsi pilihan pertama dengan kamu download aplikasi Travoy yang sudah dimiliki oleh Jasa marga. Di dalamnya, juga berisikan fitur Jasa Marga Live yang siap menampilan informasi dan situasi jalan tol terkini hasil dari tangkapan ATCS.

Jika kamu tidak ingin menggunakan aplikasi tersebut, bisa dengan pantau jaringan CCTV tol yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Bina Marga. Layanan tersebut sudah hadir dengan berbasis situs web, yang bisa diakses oleh siapa saja melalui smartphone. Berikut ini nama-nama layanan ATCS Kota Bandung yang dapat kamu manfaatkan guna mengetahui arus lalu lintas ibukota Provinsi Jawa Barat, seperti:

  • Pemantauan Lalu Lintas Bandung (Pelindung)
  • Area Traffic Control System Bandung
  • Kab. Bandung Smart City
  • Road Transport and Traffic Management
  • CCTV Tol Bina Marga
  • Cimahi Smart City

Untuk daftar titik pantau lampu lalu lintas ATCS Kota Bandung sekarang sudah dikelola oleh pemerintah maupun swasta bisa kamu akses kapan saja. kamu juga bisa coba layanan pelindung dengan jumlah kamera CCTV yang cukup banyak tersebar di Kota Bandung serta kualitas gambar yang begitu jernih.

CCTV Lalu Lintas ATCS Kota Bandung Dilengkapi dengan Teknologi Plato

Keberadaan CCTV lampu lalu lintas ATCS Bandung ataupun daerah lainnya di Indonesia sudah terbukti berikan banyak manfaat. Bagi masyarakat, CCTV tersebut bakal digunakan sebagai pemantauan rute yang hendak dilalui. Sementara untuk pemerintah sendiri bisa dijadikan sebagai sumber data dalam menentukan keputusan rekayasa lalu lintas di Kota Bandung.

ATCS Kota Bandung juga sudah memanfaatkan perangkat lunak bernama Plato yang telah dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) dari Kementerian Pekerjaan Umum (PUPR). Berdasarkan rangkuman dari situs web resminya, perangkat lunak Plato tersebut adalah teknologi video image processing yang bisa mendeteksi kendaraan yang melintasi ruas jalanan tertentu.

Dengan teknologi tersebut dapat mendeteksi kendaraan hingga lima klasifikasi menyesuaikan pula kategori yang idperlukan. Pada akhirnya, teknologi satu ini pun digunakan dalam menentukan tingkat kinerja lalu lintas pada ruas jalan tertentu. Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh teknologi Plato dalam lampu lalu lintas ATCS Bandung seperti:

  • Memudahkan dan juga menekan biaya yang mesti dikeluarkan dalam pengambilan keputusan mengenai penanganan kapasitas jalan
  • Sistem otomatis yang bisa digunakan guna merekam data volume lalu lintas tanpa harus melibatkan tenaga manusia di lokasi
  • Tingkat akurasi yang cukup tinggi dibandingkan pesaing dalam menentukan karakteristik lalu lintas Indonesia yang sudah didominasi oleh sepeda motor
  • Bisa dipergunakan dalam mengevaluasi keakuratan hasil perhitungan
  • Kesalahan pencatatan berada di bawah 10 persen
  • Dikembangkan dalam negeri dengan produk lokal hingga 40 persen.

Cara Mudah Akses CCTV Lampu Lalu Lintas ATCS Bandung via Pelindung

Untuk kamu yang hendak mengakses layanan CCTV lampu lalu lintas ATCS Bandung via Pelindung cukup mudah sekali lakukan. Kamu bisa gunakan perangkat smartphone hingga PC dengan koneksi jaringan internet, langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  • Kamu bisa buka situs web pelindung.bandung.go.id pada menu browser internet
  • Segera pilih CCTV yang akan menampilkan daftar tertera pada bagian sisi kiri layar monitor
  • Pengguna dapat langsung mencari CCTV lampu lalu lintas ATCS Bandung pada kolom pencarian.

Kehadiran dari CCTV lalu lintas ATCS Kota Bandung sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat yang hendak bepergian. Hal tersebut disebabkan pemantauan lalu lintas secara real time dan langsung sehingga bisa kamu perhitungkan rute mana yang hendak dilewati bila ingin ke Kota Bandung.